Langsung ke konten utama

SEJARAH PAINTBALL | Pelengkap Outing Outbound Gathering

SEJARAH PAINTBALL | Pelengkap Outing Outbound Gathering
SEJARAH PAINTBALL | Pelengkap Outing Outbound Gathering. Sebagai salah satu jenis permainan outbound, tidak ada salahnya kita mengenal asal muasal atau sejarah permainan simulasi perang ini makin popluer untuk melengkapi acara outing gathering.

Evolusi permainan paintball dimulai pada tahun 1970-an, ketika Perusahaan Cat Nelson mengembangkan senapan gas dan peluru yang dioperasikan untuk menandai berbagai industri, termasuk Kehutanan dan Peternakan. Senjata dan peluru digunakan untuk menandai berbagai pohon untuk ditebang, sapi yang akan diambil dari kawanan, dan pada dasarnya apa pun yang diperlukan menempatkan sebuah tanda semi-permanen pada objek dari jarak jauh.

Sejarah permainan paintball diciptakan oleh empat orang yaitu Charles Nelson, Hayes Noel, Charles Gaines dan Bob Gurnsey.
Dua dari mereka menyimpulkan bahwa mereka membutuhkan sesuatu seperti pistol sebagai penanda dan seperangkat aturan yang akan memungkinkan orang untuk menguji kemampuan masing-masing terhadap satu sama lain.
Setelah sekitar satu tahun pencarian, Gaines dan Gurnsey memilih senjata dan peluru perusahaan Paint Nelson yang kemudian mengembangkan seperangkat aturan untuk “permainan survival”.
Jadi, pada tahun 1981, Charles Gaines dan Bob Gurnsey, bersama dengan 12 teman-temannya memainkan permainan paintball pertama dengan menggunakan senjata paintball industri di lapangan berukuran lebih dari seratus hektar. (Tanpa topeng atau peralatan keselamatan!).

Tak lama setelah eksperimental game ini, mereka memberi nama pertandingan tersebut ” The Survival Game Nasional” yang mencerminkan sifat nama paintball seperti yang pertama kali dimainkan oleh sekelompok kecil di hutan untuk bermain Total Elemination Game.
Kadang-kadang seorang masuk ke tim lain untuk bermain dengan tim lain, namun permainan paintball sebagian besar bermain untuk dirinya sendiri.
baca juga Jenis Permainan Outbound Paintball Wajib Diketahui

Selama bertahun-tahun permainan paintball telah menjadi lebih populer, termasuk Indonesia.
Sebuah kegiatan outing lebih seru apabila disisipkan permainan paintball dengan membagi menjadi beberapa tim.
Variasi permainan yang berbeda mulai terbentuk. Permainan paintball paling populer seperti memperebutkan bendera, skenario ofensif / defensif dan membebaskan sandera.

Karena jumlah orang yang tertarik dalam permainan paintball mulai berkembang, begitu pula perkembangan industri paintball komersial.
Permainan komersial paintball untuk kegiatan outdoor pertama kali dimainkan pada tahun 1982. dan kegiatan paintball indoor tahun 1984.

Pemilik bisnis paintball didorong untuk mengembangkan cara-cara baru yang menarik untuk menjaga pemain merasa terhibur sekaligus melepaskan kepenatan keja sehari-hari.
Di bawah ini Anda akan menemukan waktu kronologis singkat sejarah paintball.
 * Sejarah kutipan yang diberikan oleh Steve Davidson, Guide Induk untuk Paintball -2009

Kronologis Sejarah Paintball

  • 1981: Pertama pertandingan dimainkan di New Hampshire 
  • 1982: kompetisi nasional pertama dimainkan 
  • 1984: Pertama membuka lapangan dalam ruangan 
  • 1986: publikasi nasional pertama keluar di newsstands 
  • 1992: First National Tournament League didirikan (NPPL)  
  • 1996: Kompetisi nasional-ditayangkan di televisi Pertama (ESPN) 
  • 1999: Pertama diakui sebagai olahraga yang sah oleh SGMA (Sporting Goods Manufacturers Association) 
  • 2000: Event Collegiate Nasional Pertama 
  • 2007: Pertama penggunaan paintball di AS, Inggris dan latihan tempur pasukan pelatihan Kanada  
  • 2010: Dimainkan oleh lebih dari 15 juta orang setiap tahun di Amerika Serikat 

Sejarah Paintball di Indonesia 


Di Indonesia sendiri, paintball dibuka pertama kali di Bali sebagai sarana rekreasi.
Tidak berapa lama kemudian, Brigade 3234 memperkenalkan paintball ke pulau Jawa di tahun 1996 dengan membuka lokasi di Gunung Putri, Bogor.
Paintball terus berkembang dengan dibukanya Patriot Paintball di Alam Sutera (Serpong, Tangerang), Commando Patriot (Bandung), Paintball Bali, Stage Paintball (Medan), dan sekarang sudah merambat ke Kalimantan dan Sulawesi. (Sumber: Asosiasi Paint Ball Indonesia).
baca juga : Paket Paintball

Pada Tanggal 28 – 30 Oktober 2011, untuk pertama kali Indonesia mengadakan pertandingan paintball bertaraf Internasional yang di ikuti oleh beberapa negara di Asia, seperti Malaysia, Filiphina, Singapura dan Brunei.

Event ini di selenggarakan oleh Pendullum yang berkerja sama dengan Federasi Olahraga Paintball Indonesia (FOPI) dan ASIA CUP promotor paintball internasional dari negara Malaysia.

Event ini bertujuan untuk meningkatkan persaudaraan antara paintballers Indonesia dan mancanegara juga untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan pariwisata di Indonesia, khususnya Bali.

Namun event seperti ini sangat membantu dalam memasyarakatnya olahraga paintball di Negeri ini dan menghilangkan kesan “keras” dalam persepsi masyarakat umum yang pada umumnya beranggapan bahwa paintball itu adalah permainan Simulasi tempur yang keras yang memiliki safety yang rendah.

Di dalam event Asia Cup Bali, yang berlangsung di lapangan Renon, terlihat nuansa sportivitas dan aman. yang di dukung dengan regulasi bertaraf standart internasional yang di awasi oleh Referee berstandart internasional.

Hal seperti ini sangat berperan besar dalam perkembangan paintball di Indonesia khususnya bali. Hari pertama event Asia Cup Bali, diadakan pelatihan referee untuk komunitas paintball lokal yang akan membantu di event tersebut, pelatihan referee ini di latih langsung oleh Muhsin asal Malaysia, paintballer dan sekaligus referee yang memiliki lisensi internasional dalam bidang referee paintball, beliau tidak hanya ahli dalam bidangnya namun juga humoris dan juga memiliki metode yang baik dalam penyampaian materi, sehingga materi pun mudah dicerna.

Hari kedua dalam event diadakan teknikal meeting di Sanur paradise plasa hotel, tempat yang di tunjuk sebagai hotel official dalam event tersebut. di Hari ketiga pada hari sabtu di mulai dengan “walk the field” adalah sebuah moment dimana para players menjajaki field Speedball yang akan di gunakan dalam pertandingan, moment ini sangat penting bagi peserta dimana masing masing dari mereka mempelajari selukbeluk field tersebut.

Akhirnya pertandingan pun akan segera di mulai dimana peserta masing terlihat lalu lalang dalam menyiapkan marker dan equipment lainnya. Pertandingan pun berlangsung secara seru walaupun hujan turun mengguyur lapangan, pertandingan berlangsung selama dua hari, panas dan hujan pun tidak membendung pertandingan tersebut rumput hijau yang terkena hujan pun akhirnya menjadi lumpur, dimana lumpur tersebut di manfaatkan oleh para front player dalam melakukan sliding untuk menghindari hujan “paint” lawan.

Semangat kebersamaan dan solidaritas sesama paintballers sangat terlihat di saat akhir dari pertandingan dimana mereka sesama paintballers di selimuti olah canda tawa juga “bergulat” di dalam lumpur. akhir cerita moment event ASIA CUP BALI ini sangat di nikmati oleh Paintballers dari mancanegara. “thank you Bali” teriak team Global Gutz dari Filipina yang keluar sebagai juara di kelas Open. Paintball Asia Cup – Bali 2011. (Sumber: Federasi Olahraga Paintball Indonesia)

PAINTBALL UNTUK KEGIATAN OUTING OUTBOUND GATHERING

Aktifitas simulasi perang paintball ini, kini makin populer sebagai salah satu aktifitas outbound team building yang digemari sebagai pelengkap outing outbound gathering.
Untuk penyelenggaraan acara dengan outbound Painballl, EO Tiga Management akan menyediakan beberapa kemasan paket termasuk penyediaan penginapan, fun games penyediaan jasa Catering, serta acara malam kebersamaan.

EO BANDUNG PENYELENGGARA OUTBOUND PAINTBALL

Tiga Management merupakan salah satu eo Lembang Bandung yang menyediakan kemasan paket outbound paintball untuk kegiatan outing outbound gathering group seperti Company GatheringFamily GatheringMeeting GatheringOutbound Acara Sekolah, Reuni, City Tour dsb, lengkap dengan pilihan aktiftas outbound lainnya seperti :

Pastikan kegiatan group anda di dampingi event organizer (eo) agar acara outbound paintball anda terselenggara dengan baik, dengan menghubungi tim kami
TIGA MANAGEMENT
EO Outing Outbound Gathering

Postingan populer dari blog ini

CITY TOUR | Paket Perjalanan Wisata

CITY TOUR | Paket Perjalanan Wisata . Secara harfiah Wisata kota (City Tour ) adalah keseluruhan komponen produk wisata yang dikembangkan di suatu kota sehingga  menarik terjadinya kegiatan wisata di Kota tersebut. Kegiatan city tour atau perjalanan wisata ini biasanya dikemas juga dalam satu kesatuan kegiatan outing outbound gathering, Kemasan paket wisata kota ini, tidak secara spesifik dibuat dalam satu program, namun termuat juga unsur outbound dan gathering di dalamnya. Ditintau dari bentuk kegiatannya, perjalanan wisata kota ini terbagi dalam beberapa bentuk,. BENTUK-BENTUK PERJALANAN WISATA  Perjalanan wisata kota atau city tour mempunyai ciri utama, sebagai berikut: Perjalanan merupakan sebuah perjalanan keliling dan kembali lagi ke tempat asal  Perjalanan dilaksanakan dalam keadaan santai /relax dan menyenangkan  Perjalanan bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada peserta perjalanan  Perjalanan dirangkai dari berbagai komponen perjalanan yang diperlukan dala

EO OUTBOUND, OUTING, GATHERING DI BANDUNG

EO Outbound Outing Gathering di Bandung. Pergerakan manusia yang senantiasa bersifat progresif tentunya akan memberikan pengaruh saat berada dalam kelompok yang lebih besar. Perubahan - perubahan menuju lebih baik dipastikan menjadi harapan saat beberapa individu membangun suatu organisasi / kelompok untuk membuat suatu komitmen bersama. TIGA MANAGEMENT, Event Organizer Outbound Gathering di Bandung Sebagai penyedia jasa eo MICE di Lembang Bandung, event organizer Tiga Management memberikan sentuhan konsep eksklusif untuk acara outing gathering dan outbound unttuk membawa perubahan yang positip. JOINT THE EVOLUTION JOIN THE EVOLUTION, merupakan slogan kami untuk memberikan sumbangan semangat untuk membangun perubahan menuju lebih baik melalui program program event organizer eo outing, outbound dan gathering yang kami tawarkan di Lembang, Bandung, Garut, Tanjung Lesung, Pulau Tidung Jakarta, Jogja, serta kota besar lainnya di Indonesia. Kami  sebagai salah satu EO Ou

STUDY WISATA - OUTBOUND ANAK SEKOLAH | Dengan Muatan Edukasi

Acara Tahunan Sekolah seperti perpisahan kelas, kenaikan kelas, acara wisuda ; saat ini dikemas dengan konsep yang berbeda. Kegiatan untuk anak sekolah ini, dikemas dengan beberapa paket study wisata ke beberapa kota wisata di Indonesia. Salah satu tujuan wisata yang menjadi primadona sampai dengan saat ini adalah Kota Bandung. Dengan berbagai pilihan tempat wisata menarik yang ada di Lembang Bandung, kegiatan Study Tour ataupun Acara Perpisahaan Sekolah menjadi kegiatan menarik dan edukatif TIGA MANAGEMENT, sebagai vendor eo outbound, eo gathering di Bandung secara khusus menawarkan beberapa PAKET GATHERING OUTBOUND  untuk anak sekolah. Selain kegiatan kunjungan ke tempat wisata di Lembang, Bandung, acara Sekolah dapat juga dikombinasikan dengan kegiatan Outbound di Lembang Bandung. Kegiatan di alam terbuka ini, sekaligus memberikan penyegaran bagi siswa sekolah, melalui rangkaian permainan Fun Games Character Building. Kegiatan outbound dengan muatan edukasi dan team building