Langsung ke konten utama

CITY TOUR | Paket Perjalanan Wisata

CITY TOUR | Paket Perjalanan Wisata
CITY TOUR | Paket Perjalanan Wisata. Secara harfiah Wisata kota (City Tour ) adalah keseluruhan komponen produk wisata yang dikembangkan di suatu kota sehingga  menarik terjadinya kegiatan wisata di Kota tersebut.

Kegiatan city tour atau perjalanan wisata ini biasanya dikemas juga dalam satu kesatuan kegiatan outing outbound gathering, Kemasan paket wisata kota ini, tidak secara spesifik dibuat dalam satu program, namun termuat juga unsur outbound dan gathering di dalamnya.

Ditintau dari bentuk kegiatannya, perjalanan wisata kota ini terbagi dalam beberapa bentuk,.

BENTUK-BENTUK PERJALANAN WISATA 

Perjalanan wisata kota atau city tour mempunyai ciri utama, sebagai berikut:

  1. Perjalanan merupakan sebuah perjalanan keliling dan kembali lagi ke tempat asal 
  2. Perjalanan dilaksanakan dalam keadaan santai /relax dan menyenangkan 
  3. Perjalanan bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada peserta perjalanan 
  4. Perjalanan dirangkai dari berbagai komponen perjalanan yang diperlukan dalam pencapaian tujuan perjalanan 
  5. Perjalanan dilengkapi dengan mengunjungi objek atau atraksi wisata 
  6. Perjalanan tidak mempunyai tujuan untuk mencari nafkah bagi peserta perjalanan 
  7. Uang belanja yang mengadakan perjalanan berasal dari uang yang diperoleh di tempat asal perjalanan 
  8. Peserta perjalanan tinggal untuk sementara di tempat tujuan perjalanan, tidak untuk menetap 
  9. Perjalanan dilaksanakan dalam waktu yang ditentukan 

Jenis Perjalanan Wisata Berdasarkan Wilayah 

Wisata Domestik (Domestic Tour) : merupakan kemasan paket dengan peserta wisatawan nusantara, termasuk orang asing yang sudah lama tinggal di dalam negeri (expatriate). 

Contoh: 
  • City Tour / City Sightseeing : Perjalanan wisata mengunjungi objek-objek wisata di dalam kota. Misalnya: Jakarta City Tour 
  • Country Side Tour: Perjalanan dilakukan ke luar kota daengan mengunjungi pegunungan, sungai, danau, pantai, pedesaan. 
  • Paket 2 Hari ke Bandung
Wisata Orang Asing / Mancanegara (Inbound Tour) : merupakan kemasan paket dengan peserta wisata mancanegara yang berkunjung ke dalam negeri.

Contoh: 
  • City Tour / City Sightseeing 
  • Country Side Tour 
  • 7 Days Korean Days
  • Indonesia Cultural Tour 
  • Paket Wisata Yogyakarta : Perjalanan waktu dilaksanakan di Yogyakarta 
Wisata ke Luar Negeri (Outbound) : merupakan kemasan paket dengan peserta wisatawan domestic melakukan perjalanan wisata ke luar negeri. 

Contoh: 
  • 12 hari Singapore-Malaysia-Thailand Tour 
Transfer Service (Pelayanan Pengantaran) 
  • City Transfer : merupakan kemasan paket wisata berupa Penjemputan / keberangatan dilakukan dalam kota yang dikunjungi 
  • Intercity Transfer : Penjemputan / Keberangkatan dilakukan ke dan dari luar kota dimana bandar udara/pelabuhan/terminal/stasiun itu berada 
  • Intercity Tour Transfer : Penjemputan / keberangkatan digabung dengan acara perjalanan wisata di kota dimana bandar udara/pelabuhan/terminal/stasiun itu berada. 
Kategori paket wisata  Transfer Service, merupakan kegiatan wisata dengan beberapa alasan / kondisi sebagai berikut :
  1. Kedatangan wisatawan tsb pada pagi hari atau keberangkatan dilakukan pada sore hari sehingga masih ada waktu untuk melaksanakan acara wisata sebelum memasuki hotel/berangkat ke bandar udara/pelabuhan/terminal/stasiun. 
  2. Wisatawan merasa tidak perlu tinggal atau bermalam di kota yang dikunjungi, cukup hanya melakukan acara wisata kemudian bermalam di luar kota atau langsung melakukan pemberangkatan menuju kota lain.

Perjalanan Wisata Berdasarkan Wilayah Geografi 

Adalah perjalanan wisata yang dilaksanakan dengan jalan darat (overland) dan antarpulau (interisiand tour. 
Pembuatan kemasan paekt overland atau inter island ini, memiliki keuntungan berupa :
  • Wisata mancanegara: dapat menghasilkan pendapatan negara (devisa), meningkatkan pendapatan daerah tujuan wisata dan menyerap tenaga kerja. 
  • Wisata Nusantara: meningkatkan pendapatan daerah tujuan wisata, dan menyerap tenaga kerja, memupuk cinta tanah air.

EO BANDUNG PENYELENGGARA CITY TOUR

Tiga Management merupakan salah satu eo Lembang Bandung yang menyediakan kemasan paket city tour untuk kegiatan outing outbound gathering group seperti Company GatheringFamily GatheringMeeting GatheringOutbound Acara Sekolah, Reuni, City Tour dsb, lengkap dengan pilihan aktiftas outbound lainnya seperti :

Pastikan kegiatan group anda di dampingi event organizer (eo) agar acara paket city tour anda terselenggara dengan baik, dengan menghubungi tim kami
TIGA MANAGEMENT
EO Outing Outbound Gathering

Postingan populer dari blog ini

PAKET MEETING GATHERING | Konsep Outing di Hotel

Paket Meeting Gathering . Mengapa meeting banyak dilakukan di dalam perusahaan ?. Pertemuan yang sifatnya formal ini memiliki banyak tujuan, mulai membahas permasalahan internal, strategi pengembangan sampai dengan koordinasi internal perusahaan maupun koordinasi dengan pihak ketiga. Agar kegiatan meeting ini dapat terselenggara dengan baik dan efektif, banyak perusahaan membuat SOP bagaimana melakukan meeting yang efektif dengan pertimbangan banyak hal yang penting yang harus diselesaikan. Apalagi apabila setiap bagian membuat daftar / list permasalahan yang harus dikoordinasikan. Pasti akan sangat banyak sekali dan memang penting untuk dilakukan meeting. PAKET MEETING DENGAN KONSEP OUTING Kegiatan meeting reguler yang biasanya dilakukan harian atau mingguan, pada umumnya cukup dilaksanakan di kantor. Namun untuk agenda pertemuan meeting tahunan atau dengan peserta dari kota yang berbeda, perlu dikemas dengan konsep outing. Hal ini lebih efektif, sekaligus memberikan penyegara

GRADE SUNGAI UNTUK RAFTING | Kalian Perlu Tahu

GRADE SUNGAT UNTUK RAFTING | Kalian Perlu Tahu . Tingkat kesulitan sungai atau level sungai dalam kegiatan arung jeram dibagi ke dalam beberapa kelas atau grade, mulai dari tingkat yang paling mudah hingga tingkat yang paling sulit. Berikut ini ciri-ciri dan karakteristik sungai yang diurut berdasarkan grade : Sungai Grade I Air sungai dengan Gradi-I; mengalir tenang dan hanya sesekali diiringi riam kecil. Rintangan seperti batu, pusaran air atau air terjun, jarang dijumpai. Scouting atau pengintaian untuk menentukan lintasan sepertinya tidak perlu dilakukan. Self rescue atau penyelamatan diri relatif sangat mudah untuk dilakukan. Sungai Grade II  Sunga dengan Grade-II terdapat ombak pada air sungai, meskipun tidak terlalu tinggi. Terdapat rintangan berupa bebatuan, namun jaraknya masih sangat renggang. Scouting masih tidak diperlukan dan self rescue pun masih mudah dilakukan. Sungai Grade III Sungai dengan grade III, terdapat riam-riam yang diiringi gelombang-gelombang y